Rabu, 06 Januari 2010

GEDUNG TERTINGGI DI DUNIA " BURJ DUBAI "



 Sejarah telah terukir. Gedung tertinggi di dunia telah diresmikan dalam sebuah upacara kembang api yang dramatis di Dubai, Uni Emirat Arab.

Khalifa Burj, gedung yang berbentuk mata pena ini memiliki ketinggian 828 meter (2.716 kaki), jauh lebih tinggi dari pemegang rekor sebelumnya, Taipei 101.

Acara dibuka secara resmi oleh penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum. Sheikh Mohammed menggambarkan menara sebagai bangunan tertinggi yang pernah dibuat oleh tangan manusia.

Pembangunan Burj Dubai dimulai pada tahun 2004, saat Dubai berada pada puncak pertumbuhan ekonomi ekonomi. Dan saat ini, meski Dubai sedang dilanda krisis, namun pembangunan menara tertinggi di dunia itu pun akhirnya selesai juga.

Burj Dubai tinggi menjulang lebih dari 800 meter dan memiliki lebih dari 160 lantai. Burj Dubai memecahkan sejumlah rekor mulai dari gedung tertinggi di dunia, jumlah lantai paling banyak, lift terjauh dan tercepat (64 km/jam), dan menara pandang tertinggi.

Burj Dubai menyediakan 900 apartemen dari lantai 19 sampai 108. Apartemen ini terdiri mulai dari yang mungil bertipe studio, sampai apartemen satu, dua, tiga dan 4 lantai.

Para penghuni apartemen akan dimanjakan dengan tempat fitness, kolam renang, jacuzzi, dan ruang rekreasi yang semuanya mewah. Masih ada lagi supermarket, ruangan untuk para penikmat tembakau, perpustakaan dan tentu saja vallet parking untuk 3.000 kendaraan.

Klub kesehatan empat lantai yang juga terbuka untuk umum. Isinya ada gymnasium khusus perempuan, spa, dan kolam renang. Burj Dubai juga punya taman 11 hektar yang indah dengan 6 tempat air mancur, dua lapangan tenis, dan taman bermain anak-anak.

Upacara pembukaan berlangsung secara meriah. 6.000 tamu undangan menghadiri acara yang berlangsung 1.325 hari setelah pondasi pertama bangunan ini diletakkan.



Sumber : http://www.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar