Sabtu, 29 Mei 2010

Jenis Pemeliharaan Sistem

1. Pemeliharaan Korektif
   Adalah bagian pemeliharaan sistem yang tidak begitu tinggi nilainya dan lebih membebani, karena pemeliharaan ini mengkoreksi kesalahan-kesalahan yang ditemukan pada saat sistem berjalan.
   Umumnya pemeliharaan ini mencakup kondisi penting atau bahaya yang memerlukan tindakan segera.

2. Pemeliharaan Adaptif
   Dilakukan untuk menyesuaikan perubahan dalam lingkungan data atau pemrosesan dan memenuhi persyaratan pemakai baru.
   Lingkungan tempat sistem beroperasi adalah dinamik, dengan demikian, sistem harus terus merespon perubahan persyaratan pemakai. Umumnya pemeliharaan ini baik dan tidak dapat dihindari.

3. Pemeliharaan Perfektif ( penyempurnaan )
   Pemeliharaan penyempurnaan mempertinggi cara kerja atau maintainbilitis (kemampuan untuk dipelihara). Tindakan ini juga memungkinkan sistem untuk memenuhi persyaratan pemakai yang sebelumnya tidak dikenal.
   Sebagai contoh, kegiatan pemeliharaan ini dapat berbentuk perekayasaan ulang atau restrukturisasi perangkat lunak, penulisan ulang dokumentasi, pengubahan format dan isi laporan, penentuan logika pemrosesan yang lebih efisien, dan pengembangan efisiensi pengoperasian perangkat.

4. Pemeliharaan Preventif
   Terdiri atas inspeksi periodik dan pemeriksaan sistem untuk mengungkap dan mengantisipasi permasalahan.
   Karena sering kali ditemukan cacat-cacat (bukan kesalahan yang sebenarnya) yang menandakan permasalahan potensial, dan tidak dilakukan tindakan dari awal segera maka jelas akan mempengaruhi baik fungsi sistem maupun kemampuan untuk memeliharanya dalam waktu dekat.


Sumber : modul "Pemeliharaan Sistem(1).pdf"

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Thank's Infonya Bray .. !!!

www.bisnistiket.co.id

Posting Komentar