Kamis, 01 Oktober 2009

PENGERTIAN DAN MAKNA BAHASA INDONESIA DI ZAMAN SEKARANG


Menurut saya posisi bahasa Indonesia mempunyai 2 tugas, pertama sebagai bahasa nasional,bahasa yang tidak memikat pemakainya untuk menggunakanya sesuai dengan kaidah dasar, bahasa Indonesia digunakan secara non resmi, santai, dan bebas yang terpenting komunikasi di masyarakat dan pergaulan adalah makna yang disampaikan, contohnya pada saat bahasa Indonesia digunakan dalam bus antarkota ragam bahasa yang digunakan adalah ragam bahasa bus kota yang cenderung singkat, cepat dan bernada keras, lain halnya pada lingkungan anak remaja yang cenderung menggunakan bahasa yang lebih santai dan non formal, atau dapat disebut sebagai 'bahasa gaul'.
Tugas yang kedua adalah bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, berarti bahasa resmi dengan begitu bahasa Indonesia harus digunakan sesuai dengan kaidah tertib, baku, cermat dan masuk akal. Pada saat ini bahasa Indonesia mengalami perkembangan yang pada puncaknya, bahkan bahasa Indonesia telah menjadi kurikulum tambahan pada beberapa sekolah-sekolah luar negeri, universitas-universitas tinggi negeri pun membuka kelas bahasa Indonesia untuk orang asing, bahkan terdapat kursus-kursus bahasa Indonesia yang di khususkan bagi orang asing yang berminat dengan bahasa Indonesia.
Banyak pula warga Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia resmi atau bahasa daerah masing-masing dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat sekarang ini banyak di dengar telinga masyarakat yang disebut 'bahasa gaul' bahasa yang bisa dibilang 'ciptaan sendiri' karena banyaknya perkembangan kosa kata yang terjadi pada masyarakat zaman sekarang. Dalam penyampaian pembelajaran bahasa Indonesia saat ini cenderung dapat dikatakan membosankan dan monoton, karena tidak semua masyarakat Indonesia yang menggunakannya sesuai dengan kaidah dasar seperti pada apa yang di berikan oleh pembelajaran itu sendiri, seperti berbicara dengan bahasa baku karena dalam penyampaiannya terasa kaku dan tidak santai. Bahkan pada saat ini kebanyakan masyarakat lebih memilih bahasa yang santai/non formal untuk berkomunikasi dengan teman atau kerabat. Jadi perkembangan bahasa Indonesia sekarang ini menurut saya sudah mengalami kemajuan dari mulai bahasa formal, santai, dan daerah sekalipun, bahkan pada saat ini sudah terdapat 'kamus gaul' versi remaja sekarang, jadi sebagai generasi muda sudah tugas kita untuk melestarikan bahasa nasional, yaitu bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar